Bawang merah bisa membantu menurunkan demam pada anak,..



Sedih rasanya bila mendapati anak kita yang lagi demam, terutama yang masih bayi. Pasti anak tersebut terus menerus nangis,  rewel, dan gak bisa tidur.
Ini adalah pengalaman saya saat Cassie,  anak saya berumur 1,5 thn. Saat tengah malam tiba - tiba dia rewel dan nangis terus, setelah saya check ternyata suhu tubuh nya panas, sampai wajahnya kemerah - merahan. Karena panik sudah tengah malam, dokter pun sudah tutup jam prakteknya. Akhirnya saya Telepon ibu saya yang tinggal di luar kota. Saat itu ibu menyarankan untuk mengoleskan/membubuhkan parutan bawang merah. Parutan bawang merah tersebut saya campur dengan sedikit minyak kelapa murni,  lalu saya oleskan ke ubun - ubun, jidad, leher, punggung, perut, telapak tangan dan telapak kaki. Beberapa jam kemudian saya check lagi suhu tubuhnya, alhamdulillah turun perlahan. Dan beberapa jam saya ganti lagi bubuhan parutan bawang merah yang baru sampai demamnya benar - benar turun.


Bawang Merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi.
Bawang Merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.
Bawang Merah mengandung senyawa minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kaemferol, kuersetin, floroglusin. Semua kandungan tersebut bisa membantu menurunkan suhu tubuh.

Tapi apabila suhu tubuh terlalu panas, misalnya 38 derajat celsius,  sebaiknya anak segera diberikan paracetamol anak untuk pertolongan selanjutnya,  dan apabila masih demam juga sebaiknya anak segera dibawa ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah pengalaman saya bersama anak saya, kalau anak demam, anda bisa mencoba cara-cara seperti saya diatas, Kini anak saya udah makin besar dan alhamdulillah sehat gak demam lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Turunkan berat badan dengan minuman ini,...

Kulit wajah terlihat cerah, begini cara merawatnya,,,,,,

Cara mengurangi kecanduan kafein dalam kopi,,,